Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Kamu Berdoa Apa Sih?

by - Sunday, June 03, 2018

Salah satu kakak tingkatku—Kang Choqi Isyraqi—dalam bukunya pernah nulis tentang “Mengapa Do’amu Lama?”. Di situ diceritakan kenapa ada orang yang doanya lamaaaaa~ banget, sampai bisa dibilang orang yang paling terakhir selesai membaca doa.

“Emang doa apa aja sih?”
“Banyak dong. Aku doa biar dosaku diampuni, terus doa biar dikasih rezeki, doa biar dikasih surga, doa biar kaya raya, doa biar dapet jodoh yang baik, doa biar dapet keturunan yang banyak, terus juga keturunan yang soleh dan solehah, belum doa biar dapet rumah, doa biar orangtua masuk surga, doa biar dikasih kesehatan, wah, masih banyak pokoknya.”
“Waduh, banyak amet. Emang bakal semua diijabah?”
“Pasti diijabah dong. Setiap doa itu pasti diijabah, tapi akan diijabah dalam 3 bentuk. Pertama, Allah kasih sesuai apa yang kita minta. Jika tidak, maka yang kedua, segala keburukan yang mungkin terjadi akan dihilangkan. Jika tidak, maka yang ketiga, doa yang tak terkabul di dunia, akan menjadi tabungan pahala yang bisa diambil nanti di akhirat. Ya jadi, doa mah muluk-muluk aja yang banyak. Kan, nothing to loose ini.”

Iya, doanya mah banyak aja, Allah juga nggak akan marah. Doa yang banyak sampe bosen sendiri biar akhirnya Allah kabulin doa-doa itu. Tapi kan ada ya doa yang belum bisa dicapai saat itu juga, macam doa biar masuk surga kan nggak langsung sekejap mata diiyain, jadi doa yang kayak gini musti terus didoain.

Kalau aku, doa yang Ramadan ini dipanjatkan adalah doa biar aku sembuh dan sehat. Kalau bisa, sebelum sakitnya datang, aku udah sembuh duluan gitu. Ya kan bisa dicegah lewat vaksin atau apa, capek juga rasanya ngobat terus meski hikmahnya aku jadi terlatih minum obat pahit itu, hehe.

Aku berdoa biar sembuh dari segala penyakit fisik dan psikis. Aku berdoa biar tubuhku sehat walafiat sejahtera sentosa. Aku berdoa biar hatiku nggak berpenyakit dan ditumbuhi vektor-vektor penyebab penyakitnya. Aku pengen sehat statis dan dinamisnya juga. Doain abis lebaran jadi rajin dan rutin olahraga ya, amin...

Aku berdoa untuk kesehatan diriku dan orang-orang yang kusayangi. Sayang uangnya yang dipakai buat berobat bisa kupakai sama hal lain, apa gitu, semisal beli buah-buahan yang nambah aku makin sehat dibanding nebus ativan dan kalxetin yang efeknya cuma sesaat.

Doain aku ya.


You May Also Like

1 comment(s)

  1. Semoga Allah jaga kesehatannya, Allah lindungi dan Allah diberkahi hidupnya. Tetep semangat ya^^

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa