Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Paket Lengkap Ayat Alquran

by - Wednesday, May 23, 2018

Ada satu kebiasaan yang mulai kutingkatkan setelah sempat menemukan akun instagram @ayeshasyahira, yaitu menandai ayat-ayat tertentu dari Alquran—yang artinya membuatku harus rajin baca terjemahannya juga. 

Dari hal ini, aku mulai ngerti artinya ayat-ayat Alquran itu apa (meski kadangkala ada aja ayat yang menimbulkan pertanyaan), tapi minimal ini jadi caraku untuk memahami bahasa Arabnya Alquran.

Ayat-ayat yang kutandai itu semacam highlight, beberapa jadi favoritku karena mengandung doa, kabar gembira, dan peringatan dari Allah. Coba deh random saja buka halaman dan baca ayat Alquran, kata seseorang itu tuh semacam jawaban pertanyaan dari Allah kalau kamu lagi galau.

Dan buatku, tiga ayat terakhir dalam surah Al-Baqarah itu macam paket lengkap. Firman Allah yang disampaikan seolah menjawab kegelisahanku di waktu-waktu tertentu. Nggak bisa benar-benar aku hanya pilih satu ayat, sebab pada dasarnya memang semua ayat yang Allah sampaikan tentu punya penjelasan tersendiri. Iyalah cip :P

“Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkan (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab sia yang Dia kehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

“Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya”. Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hokum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Semoga Allah ngasih kita kekuatan dan kemampuan untuk terus yakin menghadapi semuanya. We are weak but Allah’ strong, our knowledge and capabilities are limited but Allah’ limitless.

O’Allah, please look over those who are suffering. Not just physically, but also emotionally, mentally, and spiritually. A lot of us are trying to hold on. We need Your love, Your help, Your guidance, and Your mercy, Ya Rabb.

Semoga kita termasuk hamba-Nya yang bertakwa. Amin…

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa