Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Kilometer Terakhir dari Seringai: Serem, Pusing, Mual, Bermakna

by - Sunday, September 02, 2018

Kamu bisa pilih untuk mendahulukan antara membaca ceritaku atau mendengarkannya di sini. Tapi tolong, pastikan kamu berada dalam situasi dan kondisi yang tepat. Kejadian yang tidak diinginkan di luar tanggung jawab ya!

Jadi, selain menulis tugas pertama mengenai Teknik Komunikasi Ilmiah, Pak Wardono menyuruh kami untuk mendengarkan lagu dan menuliskan maknanya di dalam blog. Tanpa bermaksud seksis, lagu Kilometer Terakhir dari Seringai ditujukan untuk mahasiswi, sedangkan untuk mahasiswa mendapat jatah Sepercik Air dari Deddy Stanzah. Dugaanku, biar lelaki dan perempuan punya jatah kepekaan yang sama, mungkin.

So, without further ado, let's get started! First, you can read Kilometer Terakhir' lyric, here:

MELOMPAT KE SADEL, DAN KUHANTAM SANG SELAH.
MELAWAN ARAH, KUTANTANG MAUT, INDAH.

TERASA LEPAS.
MELESAT DI JALAN, KILOMETER TERAKHIR.
YA, KU HAMPIR TIBA, KILOMETER TERAKHIR.

KUBAKAR BENSIN, MESIN INI MERADANG. 
PACU MOTOR, KUTUJU MATAHARI. 

TERASA LEPAS. 
MELESAT DI JALAN, KILOMETER TERAKHIR. 
YA, KU HAMPIR TIBA, KILOMETER TERAKHIR. 

TANCAP! 

MELESAT DI JALAN, YA, KU HAMPIR TIBA. 
MELESAT DI JALAN, YA, KU HAMPIR TIBA. 

ANGIN MENERPAKU, SERIGALA LEPAS. 
RODA BERPUTAR, KILOMETER TERAKHIR. 
HAMPIR ESOK, SEPERTI KEMARIN. 
KILOMETER TERAKHIR.

Baik, sudah dibaca kan liriknya? Kalau kamu belum (dan mungkin akan) mendengarkan musiknya, bisa jadi punya ekspektasi bahwa lirik lagu tersebut menunjukkan sebuah arti tentang keberanian. Iya, kurang lebih begitu.
Sumber: tirto.id

Salah satu lagu yang masuk ke dalam album Serigala Militia yang dirilis tahun 2007 silam ini menceritakan perjuangan untuk menggapai tujuan. Dikisahkan si "aku" memulai perjalanannya dengan penuh semangat dan kepercayaan diri yang tinggi, dia juga berani untuk melawan arah tanpa rasa takut bahkan siap menghadang maut. Karena energi itu, dia sendiri merasa bebas dan lepas, tanpa tekanan ataupun paksaan.

Perjalanannya terus berlanjut hingga ia mulai dekat pada tujuannya, yang dikiaskan sebagai kilometer terakhir. Dengan kendaraannya, yang mungkin bermaksud sebagai alat untuk mencapai tujuan semakin digenjot untuk menuju apa yang diinginkannya itu. Gaskeun!

Perjuangannya mencapai harapan tersebut mulai tiba, meski kadangkala ada hambatan padanya, ia terus berusaha. Ketika pun telah sampai di titik tujuan, ia akan tetap menjalani kehidupan, memulai kembali suatu perjuangan, untuk terus meraih segala impian.

Iya, lirik lagunya sebermakna itu. Mungkin tanpa harus mendengarkan lagunya pun, dengan mudah dipahami maksud yang hendak disampaikan Seringai dalam Kilometer Terakhir ini. Oh tapi tentu saja, dengan mendengarkan musiknya, semangat membara itu akan benar-benar terasa sampai menjalar ke ulu hati.

Di tengah sunyinya malam, aku memberanikan diri untuk mendengarkan lagu tersebut melalui earphone yang terpasang di kanan kiri telinga. Deru motor di awal lagu bergenre heavy metal/underground/rock/whatever you name it ini sontak membuatku terkejut. Oh my ear! Sakit seketika mendengarnya, berasa ada di tengah sirkuit balapan motor yang bikin jantung hampir copot. Bindeng dengan sekian desibel yang ada :(

Sambil melihat contekan lirik lagu, aku hanya berharap durasi 3:19 dari lagu itu akan segera usai. Terlepas dari teknik yang digunakan band tersebut yang mungkin bisa dikatakan baik-baik saja, kupastikan aku ogah untuk mendengar jenis musik seperti ini. Lebih dari sekadar film horor, suasana serem, perasaan pusing, dan kondisi mual harus siap ditanggung selama lagu ini diputar.

Berang-berang makan lodeh,
Gak mau-mau lagi deh.

You May Also Like

1 comment(s)

  1. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa