Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Acipa Jadi Anak FIKOM!

by - Wednesday, August 29, 2018

TKI atau Teknik Komunikasi Ilmiah, adalah suatu mata kuliah wajib berbobot 2 SKS di jurusan Biologi ini tadinya ada di kurikulum semester tujuh. Tapi demi menggenapkan SKS yang kuambil di semester lima, jadi ya sudah aku pilih lebih awal saja. Oh tentu bukan karena itu, nggak seru banget ya, haha!

Kabar yang santer terdengar dari kakak tingkat, bisa dibilang mata kuliah ini gampang, begitu ceritanya. Tapi lebih dari itu, aku pastikan mata kuliah ini bakal jadi mata kuliah favoritku selain TTKI (Tata Tulis Karya Ilmiah) di TPB semester pertama silam. Iya anaknya memang nggak Biologi sejati, maaf.


Kalau membaca lampiran silabus yang memuat ringkasan tiap mata kuliah (baca di sini), katanya sih TKI ini bakalan belajar tentang teknik penyampaian informasi secara ilmiah, baik dalam media tulisan berupa artikel, presentasi, maupun poster. Intinya, TKI nggak jauh-jauh belajarnya tentang dunia ilmu komunikasi.

Berarti Acipa jadi anak FIKOM dong?

Haha, I wish! Maunya sih begitu, tapi aku bahagia sekali setidaknya belajar ilmu komunikasi berkat adanya mata kuliah ini! *sungkem kepada Pak Wardono* Di pertemuan pertama bareng dosennya aja, materi membahas tentang komunikasi, mulai dari deskripsinya, medianya, sampai alasan kenapa harus berkomunikasi. Ya kalau nggak ada, aku nggak mungkin nulis ini sih :P

Belajar TKI berarti belajar apa yang sudah dan akan selalu aku pelajari. Tolong ya tidak bermaksud sombong, tapi buatku pengalaman menjadi reporter dan segala tetek-bengek yang berhubungan dengan dunia komunikasi selalu menantang dan memberikan pengalaman yang unik. Toh aku bukan tipikal orang yang dengan mudah berkomunikasi, maksudku mencari topik yang menarik dikomunikasikan dengan siapapun orangnya itu, kadang butuh menguras energi juga. Apalagi kalau harus mengkomunikasikan pemahaman yang kumiliki untuk disampaikan pada orang banyak, dalam ranah ilmiah atau saintifik misalnya. Hmm...


Aku berharap TKI bisa menggenapkan rasa penasaranku belajar menjadi mahasiswa FIKOM (Fakultas Ilmu Komunikasi). Kalau sudah menyelesaikannya, ya semoga aku bisa move on gitu, biar nggak terbayang keukeuh "andai aku menjadi mahasiswa komunikasi". Apalagi bisa mengkomunikasikan isi hati pada si dia, eaaaa.

Eh nggak nggak.

Harapannya simpel, biar aku mau dan mampu untuk terus belajar dan nggak cepat puas untuk apa-apa yang sudah pernah aku alami. Dengan belajar Teknik Komunikasi Ilmiah ini, semoga pikiranku lebih kritis, tulisanku lebih matang, presentasiku lebih bagus, dan bisa belajar bikin poster demi Tugas Akhir mendatang, wkwk. Ya karena aku bukan mahasiswa jenius yang paham banget tentang materi Biologi, semoga aku bisa mengkomunikasikannya dengan bahasa yang bahkan buat orang awam pun gampang dimengerti. Kalau kata Albert Einstein mah,

"if you can't explain it simply, you don't understand it well enough"

Jadi begitu, good people. Syukur-syukur lebih rajin ngeblog, page view melesat, tulisan kembali dimuat, dan dapat nilai auto-A (aaamiiinnn!).

Berang-berang makan koya,
Terima kasih ya.

You May Also Like

0 comment(s)

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa