Blog by @asysyifaahs. Powered by Blogger.

Mengelilingi Lorong Waktu di Bandung Planning Gallery

by - Saturday, November 18, 2017

Adalah Bandung Planning Gallery, yang sejak beberapa waktu lalu masuk daftar rencana #acipaxchillplace selanjutnya. Nah, Sabtu (11/11/2017) kemarin, keinginan Acipa akhirnya terlaksana, meski pergi sendirian juga 😞 Buat teman-teman yang lagi bingung mau jalan-jalan ke mana, check this out!


Bandung Planning Gallery resmi dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2017 lalu oleh sang walikota tercinta, Ridwan Kamil. Lokasinya ada di Jl. Aceh No. 36, bersebelahan dengan Taman Sejarah (yang ada kolam renangnya dan diorama Bandung Di Era Wiranatakusumah itu lho). Oh iya, harga tiket masuk Bandung Planning Gallery sebesar Rp0,- alias GRATIS *penting!*. Wisata edukasi ini menawarkan wahana mengenal Bandung jaman baheula, masa kini, and the future. Kamu bisa tahu banyak tentang bagaimana progres Bandung dari  waktu ke waktu. 

Dari pintu masuk, area lobi berisi meja informasi, layar gede berisi video profil kota Bandung, dan instalasi cable car Skybridge yang konon katanya bakal jadi transportasi masa depan di Bandung. Whoaa! Nah, pengunjung perlu registrasi dulu nih via desktop yang tersedia dengan pilihan mau perorangan ataupun rombongan. Buat rombongan dengan minimal 10 orang, bisa reservasi terlebih dahulu kalau nggak mau ditolak. Eh kebetulan, waktu Sabtu kemarin, ada anak-anak Pramuka SMA yang juga bawa sekitar 40 orang dan langsung registrasi on the spot, mungkin berlaku karena waktu itu kondisi BPG baru buka lagi setelah jam istirahat dan masih agak sepi.


Setelah registrasi berhasil, tampak depan bakalan ada maket kota Bandung yang bisa dimainkan lewat animasi video mapping termasuk empat layar sentuh interaktif di kanan-kirinya sebagai penunjuk informasi. Oh iya, untuk keliling BPG ini, disarankan masuk ke lorong bagian kiri dulu, selain biar nggak tabrakan sama pengunjung lain, informasi yang didapat bisa lebih kronologis.

Area Bandung Masa Lalu dan Masa Kini bakal ngenalin kamu dengan sepak terjang kemunculan awal Bandung hingga perkembangannya sejauh ini. Berbagai informasi tersebut ditampilkan lewat video di layar tv dan bisa kamu dengarkan narasi suaranya lewat headset dengan mengunduh aplikasi Bandung Planning Gallery di handphone. Di area ini juga ada wahana interaktif yang memanfaatkan Xbox, cara mainnya dengan menjawab beberapa pertanyaan dan hasilnya akan menunjukkan siapa kamu di masa lalu. Seru deh!



Lanjut ke area masa depannya, di Smart City dan Urban Mobility, selain ada layar sentuh interaktif yang menginformasikan banyaknya projek smart city untuk Bandung, di sini juga ada dua buah alat VR (virtual reality) yang bisa dicoba pengunjung untuk ngerasain gimana asyiknya naikin monorel dengan teknologi 4D. Wajib dicoba banget, apalagi buat kamu yang belum pernah nyoba make VR, hehe!

Spot yang nggak kalah seru adalah Post-It Room, di sana ada kubah setengah bola yang ditempeli berbagai post-it lucu warna-warni berisikan pesan, kesan, dan harapan dari para pengunjung untuk kota Bandung. Nggak cuma asyik buat dicorat-coret, kata-kata yang ditulis sukses bikin kamu senyam-senyum sendiri 😅



Hampir selesai, ada Galeri Temporer yang menyuguhkan pengunjung dengan rencana-rencana pembangunan kota Bandung yang belum terealisasi. Selain bisa menyampaikan saran dan aspirasi, area yang satu ini bertujuan buat ngegaet para investor untuk turut berkontribusi menyukseskan Bandung di kemudian hari. Keren nggak tuh?

Kabarnya, berkat teknologi multitouchscreen, virtual reality, dan augmented reality, BPG diklaim sebagai galeri tercanggih se-Indonesia saat ini. Semua keseruan yang kuceritakan tadi, bisa kamu rasain sendiri dengan datang ke Bandung Planning Gallery. Jangan lupa dijaga dengan baik ya! 😉

📍 Bandung Planning Gallery
⛳ Jl. Aceh No. 36, Bandung (maps)
⏰ Senin - Sabtu, 09.00 - 16.00 WIB
(hari Minggu dan libur nasional, tutup)
📷 @bdgplanninggallery
💻 www.bdgplanninggallery.com


You May Also Like

4 comment(s)

  1. keren ya...
    bisa lah bersaing sama tetangga kita, Kuala Lumpur city gallery atau Singapore city gallery.

    ReplyDelete
  2. wah asyik ya sdh punya galeri yang apik dan keren

    ReplyDelete
  3. keren kayaknya nih tempat jadi pengen coba main kesana

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment and I'll come to your home as soon as possible.

with ♥, acipa